Dr. Lisnawati Ruhaena P., M.Si., Psikolog

Dr. Lisnawati Ruhaena, S.Psi, M.Si., Psikolog

  • 1986 : S1 – Universitas Padjadjaran – Psikologi 
  • 1994 : S2 – Universitas Gadjah Mada – Psikologi Klinis
  • 2003 : S3 – Universitas Gadjah Mada – Psikologi Kepribadian

No.

Judul Riset

Tahun

Sumber Dana

Peran

1

Pelatihan Pemahaman Rasa untuk meningkatkan kompetensi sosial

1998

Dosen Muda

DIKTI

Ketua

 

 

2.

 

Model Pembelajaran Nilai Toleransi untuk anak usia SD

 

2007

 

Hibah Bersaing

DIKTI

 

Ketua

 

3.

 

Mengurai Akar Kekerasan Etnis pada Masyarakat Pluralis

 

2008

 

Penelitian Dasar,  DIKTI

 

Ketua

 

4

 

Model Penggalian Potensi melalui penulisan Autobiografi

 

2008 &

2009

 

Hibah Bersaing

DIKTI

 

Anggota

 

5.

 

Model  Peningkatan Kemampuan berempati  melalui permainan tradisional Jawa Tengah pada anak keturunan etnis Jawa – Cina

 

2008

 

Hibah Bersaing DIKTI

 

Anggota

 

6.

 

Pendidikan Kepribadian berbasis Psikologi Indigenous

 

2009

 

Insentif Pemberdayan Riset Unggulan UMS

 

Ketua

7.

Peningkatan integrasi bangsa melalui pengalihan metode dinamika kelompok ke guru bimbingan konseling untuk meningkatkan toleransi siswa.

 

2009

Hibah Kompetitif Prioritas Nasional

DIKTI

Ketua

 

8

Perancangan Dongeng Anak sebagai media pengembangan pembentukan  perilaku dan kemampuan ungkap anak usia sekolah dasar

2009

Hibah Bersaing

DIKTI

Anggota

No

Judul Kegiatan

Tempat

Tahun

Peran

1.

Dongeng dan drama sebagai media pengembangan kepribadian anak (Workshop Dongeng dan Drama Bahasa Jawa)

Dinas P & K  Surakarta

2000

Pembicara

2.

Pendidikan Apresiasi Seni sebagai Media Pengembangan Rasa (Temu Ilmiah Nasional-II  IPPI)

Universitas Surabaya

2002

Pembicara

3.

Manajemen kelas untuk Pendidikan Apresiasi Seni di Sekolah Dasar

(Training of Tutor)

STSI  Surakarta

2003

Pembicara

4.

Pendekatan Gestalt dan Pendekatan Suryomentaram dalam prespektif holistik : kajian lintas Indigeneous.

(Simposium Psikoterapi)

Universitas Tarumanegara, Jakarta.

2005

Pembicara

5

Mawas Diri sebagai cara Penyesuaian diri dalam meningkatkan kesehatan mental

(Forum Dewan Riset Daerah, Jawa tengah )

Semarang

2006

Pembicara

6

Kekerasan dalam rumah tangga dalam tinjauan Kawruh Jiwa Suryomentaram (Kuliah Umum )

Fakultas Psikologi  USB Surakarta

2006

Pembicara

7

Mulur-mungkret sebagai landasan manajemen stres dalam kehidupan (Konferensi Nasional-1  Ikatan Psikologi Klinis Indonesia)

Bandung

2007

Pembicara

8

Kepribadian Manusia Tanpa Ciri: dari Psikologi Indigeneous menuju Psikologi Global. (Seminar Nasional ”Revitalisasi Nilai-nilai Jawa dalam konteks Psikologi)

Fakultas Psikologi UNDIP

2007

Pembicara

9

Mencapai Kebahagiaan bersama dalam Masyarakat Majemuk (Temu Ilmiah Konggres HIMPSI)

Bali

2007

Pembicara

10.

Model pembelajaran Pengembangan  Kepribadian Berperspektif Global untuk Anak usia sekolah dasar (Seminar Nasional Hasil Penelitian Multi Tahun)

Jakarta, DIKTI

2007

Pembicara

11.

Pendekatan Multi-metode dalam Penelitian Psikologi: menuju pengembangan Teori Psikologi Indigeneous (Kuliah Umum)

Program Doktor Fakultas Psikoogi UGM

2008

Pembicara

12.

Pembelajaran Tolerani untuk anak usia sekolah dasar (Temu ilmiah Nasional ”Menata karakter Bangsa”, oleh  IPPI Jawa Barat)

Bandung

2008

Pembicara

13.

Nilai Kesehatan Mental Islam dalam Kawruh Jiwa uryomentaram (Ujian Tertutup  Program Doktor UIN Yogya)

Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga  Yogyakarta

2008

Penguji

14.

Pengaruh Situasi Psikologis Kelompok terhadap Performansi Pengambil Keputusan

Pascasarjana UGM, Program Doktor

2009

Tim penilai dan penguji

15

Mengurai Akar kekerasan Etnis pada masyarakat Pluralis (Seminar Nasional Hasil Penelitian Multi Tahun)

Jakarta, DIKTI

2009

Pembicara

15.

Pengalaman Memajukan Pendidikan Seni di Komunitas Muhammadiyah (Dialog dan Festival Muharram 1430)

LPM- UAD

2009

Pembicara

16

Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal (Seminar Nasional

UMS

2010

Pembicara

17

Mengungkap potensi, membangun karakter : Visi pendidikan kini dan esok (Seminar Nasional dengan tema “Mengungkap potensi Peserta didik sebagai basis pengembangan pendidikan karakter di sekolah” )

Fak. Psikologi UNMUH Jember

2011

Pembicara

No.

Judul artikel/jurnal/Buku

Penerbit

Tahun

1

Perilaku Menyimpang Anak: Permasalahan Kualitas Kesejahteraan Anak  (Jurnal)

Akademika 01/XVI/1998

 1998

2

Pengembangan Kualitas Kepribadian Melalui Proses Olah Rasa   (Jurnal)

ANIMA: 15 (1) 1999

1999

3

Perilaku Manusia (dalam buku ”Transformasi Budaya)

MUP – UMS

2000

4

Kualitas Kepribadian Menurut Konsep Rasa Suryomentaram dalam Perspektif Psikologi (Jurnal)

ANIMA: 18 (3) 2003

2003

5

Respon siswa  Sekolah Dasar Muhammadiyah terhadap Pendidikan Apresiasi Seni Tradisi Lokal (dalam Buku ”Pendidikan Apresiasi Seni, wacana dan praktek untuk toleransi Pluralisme budaya)

Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial bekerja sama dengan Ford Foundation

2004

6

Kepribadian Sehat Menurut Konsep Suryomentaram (Buku)

MUP – UMS

2004

7

Mencapai kebahagiaan bersama dalam masyarakat majemuk (Jurnal)

Jurnal Psikologi Indonesia,  (1) 2008

2008

8

Pengalaman Implementasi Program Pendidikan Apresiasi Seni di Sekolah Dasar Berafiliasi Islam. (kontributor dalam Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Seni Budaya: Suatu Warisan Inteelektual. Editor: Jabrohim dan Farid Setiawan)

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

2009

9.

Relasi Etnisitas Jawa-Cina dalam Masyarakat Majemuk

ANIMA: Jurnal Psikologi Indonesia  2009

2009

10

Mendongeng itu indah (anggota penulis)

Solo: ISI Press

1010

11

Pendidikan Karakter melalui Apresiasi Seni (kontrbutor dalam buku Psikologi Terapan: melintas batas disiplin ilmu , penyunting J.E. Prawitasari)

Jakarata : Penerbit Erlangga

2011

12

Model Suryometaraman (kontrbutor dalam buku Psikologi Terapan: melintas batas disiplin ilmu , penyunting J.E. Prawitasari)

Jakarata : Penerbit Erlangga

2011

No.

Nama Kegiatan

Tahun

Peran

1

Pelatihan Grafologi Tingkat Dasar (diselenggarakan oleh Psychologycal, Behavioral and Social Research & Aplication,  Bandung)

2007

Peserta

2.

Pelatihan Grafologi Tingkat Intermediate (diselenggarakan oleh Psychologycal, Behavioral and Social Research & Aplication,  Bandung)

2008

Peserta

 

3.

Workshop  Terapi Kognitif Perilaku (di Aula PPDS FK-UNS, RSUD Dr, Moewardi Surakarta, 18  Oktober)

2008

Partisipan

4.

Workshop  Analisis Transaksional  I (di Aula PPDS FK-UNS, RSUD Dr, Moewardi Surakarta, 19  Oktober)

2008

Partiisipan

5.

Workshop  Analisis Transaksional  II (di Aula PPDS FK-UNS, RSUD Dr, Moewardi Surakarta, 1  Februari)

2009

Partisipan

6.

Workshop  Logoterapi (di Aula PPDS FK-UNS, RSUD Dr, Moewardi Surakarta, 1  Februari)

2009

Peserta

 

7.

Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Interpretasi IST (di Biro Konsultasi dan Pemeriksaan Psikologis, Fakultas Psikologi UMS)

2009

Peserta

8.

Lokakarya Pembinaan dan Pengembangan Jurnal Ilmiah I,  (di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas  Indonesia, ”Wacana, Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya”)

2009

Peserta

Hak Cipta: Cerita Bergambar Judul: Mengenal Huruf A No. 000136368 2018 Lisnawati Ruhaena
Hak Cipta: Modul Judul: Mpdul Pelatihan Muhasabah untuk Menurunkan Prokrakstinasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis No. EC00202031451 2020 Lisnawati Ruhaena, Lusi Nuryanti
Hak Cipta: Modul Judul: Modul Spiritual Mindfullness No. EC00202147179 2021 Wisnu Sri Hertinjung, Lisnawati Ruhaena, Santi Sulandari.

Dr. Lisnawati Ruhaena, S.Psi, M.Si, Psikolog

Psikologi Sekolah

Muhammad Ghozi Al Wafi, S,Psi.
Lutfia Nur Hayati, S.Sos.
Ummu Kultsum

Pola Penyesuaian Diri Warga Sekolah di masa Pandemi Covid-19

2020

 
Scroll to Top